Dari Matahari Hingga Souvenir Perusahaan, Jam Terbukti Punya Peran Penting

Kita sudah tahu bahwa jam mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Jika tak ada jam, kita tak akan mengenal waktu. Ternyata jam itu sendiri sudah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi. Lalu bagaimana sejarahnya adanya jam?


Sumber: https://www.pexels.com/

Sejarah Ditemukannya Jam

Dahulu manusia menentukan pagi, siang, sore atau malam dengan memperhatikan benda langit seperti matahari. Mereka melihat matahari dan membaginya menjadi dua waktu sesuai dengan pergerakannya. Pembagian waktu tersebut bukannya tanpa sebab. Mereka menyadari bahwa dua waktu tersebut menentukan kapan harus melakukan kegiatan dan kapan harus beristirahat. Ketika matahari berada diatas kepala berarti waktu itu adalah siang atau sore. Sedangkan ketika matahari berada di kaki langit itu artinya waktu menunjukkan sudah menjelang pagi atau malam. Jam matahari ini sedah ada sejak 3000 tahun lebih sebelum Masehi. Jam seperti ini banyak digunakan oleh bangsa Yunani. Cara kerja jam matahari yaitu apabila jarum yang ditegakkan dan terkena sinar matahari maka bayang-bayang tersebut akan menunjukkan angka tertentu.

Setelah jam matahari, kemudian muncullah beragam jenis jam seperti jam air, jam pasir, jam astronomi, jam mekanikal, jam analog dan juga jam digital.

Namun yang banyak kita gunakan sampai sekarang yaitu jam analog dan jam digital. Jam analog adalah jam yang menggunakan jarum, misalnya jam dinding. Saat ini eksistensi jam dinding masih terbilang cukup bagus. Banyak yang masih setia menggunakan jam dinding di rumah atau kantor. Ditambah lagi, jam dinding kini mempunyai fungsi yang lebih luas daripada sekadar penunjuk waktu.

Fungsi Jam Dinding

Dari uraian diatas, fungsi jam terus berubah mengikuti perkembangan zaman. Berikut adalah beberapa fungsi tersebut.


1. Sebagai Penunjuk Waktu

Hal ini sudah jelas sekali terlihat bahwa jam itu ada untuk membantu kita mengenal waktu. Bahkan alasan utama adanya jam adalah kebutuhan manusia untuk mengetahui waktu secara serempak dan dapat diukur.

2. Sebagai Hiasan Dinding

Dari masa ke masa, fungsi jam dinding terus mengalami perubahan. Awalnya jam dinding hanya dikenal sebagai alat penunjuk waktu. Lambat laun, dengan inovasi dalam bentuk dan warna yang semakin menarik dan beragam akhirnya jam dinding banyak digunakan sebagai hiasan dinding.


3. Sebagai Media Promosi

Beberapa tahun belakang ini, jam juga dikenal sebagai salah satu media promosi yang banyak digunakan. Jam seperti ini biasa disebut jam promosi. Sebagai media promosi, jam dinding dapat menyentuh semua kalangan. Dengan fungsi utamanya sebagai penunjuk waktu, membuat jam dinding akan sering untuk dilihat. Apabila dalam jam dinding tersebut terdapat logo atau brand, maka otomatis orang yang melihat tersebut lebih aware terhadap pesan yang disampaikan melalui jam tersebut.

Sebagai contoh, sebuah bank menggunakan jam dinding sebagai ucapan terima kasih kepada nasabah mereka. Dengan memajang jam ini di rumah, maka kesempatan nasabah melihat logo bank tersebut pun semakin besar.



Nah, kami, Souvenirbank.com, bagian dari Ceraproduction, menyediakan beberapa pilihan jam dinding promosi. Di Souvenirbank.com terdapat berbagai jenis jam dinding dengan berbagai ukuran. Selain itu kami juga melayani pemesanan secara custom. Apabila Anda ingin memesan souvenir jam dinding sesuai dengan kebutuhan bank Anda, jangan ragu untuk menghubungi tim kami di nomor berikut ini.


Atau Anda ingin berkonsultasi dan menjelaskan keinginan Anda bersama tim kami? Anda dapat mengisi form di bawah ini.
KONSULTASI

Powered by 123ContactForm | Report abuse
Tantry Dhenis
Tantry Dhenis

Souvenirbank.com memiliki tim kreatif mulai dari dari media planner, creative director, product dan graphic designer handal yang telah berpengalaman melayani banyak perusahaan ternama di Indonesia dan ASEAN.